Monday, 20 June 2016

HUBUNGAN INDUSTRIAL

ROAD MAP

  1. Menjelaskan konteks hubungan industrial secara umum dan keterkaitan hubungan industrial dengan berbagai bidang ilmu lain.
  2. Menjelaskan serikat pekerja dan praktik serikat pekerja di Indonesia.
  3. Menjelaskan mengenai perjanjian kerja bersama dan negosiasi perjanjian Indonesia.
  4. Menjelaskan pemberian penghargaan kepada karyawan dan isu gaji, upah dan tunjangan.
  5. Menjelaskan konflik dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial di tempat kerja.
  6. Menjelaskan praktik hubungan industrial, perkembangan dan praktek hukum ketenagakerjaan di Indonesia.
 Berdasarkan UU No.13 Tahun 2003 Bab XI pasal 102, dalam melaksanakan hubungan industrial, terdapat beberapa ayat yang mengatur hubungan industrial, antara lain:
  1. Dalam melaksanakan hubungan industrial, pemerintah mempunyai fungsi menetapkan kebijakan, memberikan pelayanan, melaksanakan pengawasan, dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan.
  2. Dalam melaksanakan hubungan industrial, para karyawan atau pekerja dan serikat pekerja/ serikat buruhnya mempunyai fungsi menjalankan pekerjaan sesuai dengan kewajibannya, menjaga ketertiban demi kelangsungan produksi, menyalurkan aspiras secara demokratis, mengembangkan keterampilam, dan keahliannya serta memajukan perusahaan dan memperjuangkan kesejahteraan anggota beserta keluarganya.
  3. dalam melaksanakan hubungan industrial, pengusaha dan organisasi pengusahanya mempunyai fungsi menciptakan kemitraan, mengembangkan usaha, memeperluas lapangan kerja, dan memberikan kesejahteraan karyawan/ pekerja secara terbuka, demokratis, dan berkeadilan.
Pemerintah telah mengembangkan penerapan upah minimum. Sasarannya adalah agar upah minimum paling sedikit cukup menutupi kebutuhan minimum karyawan dan keluarganya. Dengan demikian, kebijaksanaan penentuan upah minimum adalah :

  1.  Menjamin penghasilan karyawan sehingga tidak lebih rendah dari suatu tingkat tertentu.
  2. Meningkatkan produktivitas karyawan.
  3. mengembangkan dan meningkatkan perusahaan dengan cara-cara produktif yang lebih efisien.

0 comments:

Post a Comment